Recent Posts

    Tips Memulai Belajar Bahasa Jepang Untuk Pemula

    Mungkin banyak dari Anda yang masih bingung bagaimana atau dari mana memulai belajar bahasa Jepang? Atau sama sekali belum mengenal bahasa Jepang tapi sangat tertarik untuk mempelajarinya? Dan segudang alasan lainnya yang menuntut Anda untuk bisa berbahasa Jepang namun masih bingung atau ragu untuk memulai belajar bahasa Jepang.


    Dalam tulisan kali ini, saya akan memberikan tips langkah awal untuk memulai belajar bahasa Jepang, khususnya untuk Anda yang masih galau dan ragu harus memulai belajar belajar bahasa Jepang dari mana.

    Awalnya, saya pun merasa sedikit kesulitan saat pertama kali dihadapkan dengan yang bahasa Jepang.

    Melihat tulisannya saja sudah bikin merinding. Namun, seiring berjalannya waktu, sembari tanpa lelah bergulat mempelajari bahasa Jepang, akhirnya sedikit demi sedikit saya bisa mengecap bagaimana “lezatnya” bahasa Jepang.

    Serius lho, bahasa Jepang punya "rasa" yang berbeda dari rasa bahasa Indonesia dan bahasa Inggris atau bahasa lainnya.

    Oke, tanpa basa basi lagi, inilah beberapa tips langkah awal memulai belajar bahasa Jepang.

    1. Niat

    Niat

    Segala sesuatu harus diawalai dengan niat dulu , iya gak? Jika mempelajari bahasa Jepang tanpa dibarengi dengan niat yang kuat, bisa-bisa Anda tumbang ditengah jalan karena terserang penyakit males atau bosen.

    Tapi saya yakin Anda punya niat yang kuat untuk mempelajari bahasa Jepang!

    Buktinya, Anda bersedia untuk meluangkan waktu dan mengunjungi blog bahasanjepang! Ini sudah membuktikan kalau Anda memang berniat untuk belajar bahasa Jepang.

    Niat yang kuat terbentuk karena adanya rasa suka terhadap bahasa Jepang dan tahu manfaat yang akan diberikan bahasa Jepang dalam kehidupan.

    Secara psikologis, niat yang kuat akan membantu Anda untuk terus gigih mempelajari bahasa Jepang.

    2. Mulai Menghapal Kosakata Bahasa Jepang

    Menghapal Kosakata Bahasa Jepang

    Rasanya sudah tidak perlu dijelaskan lagi kalau kosakata memang merupakan pondasi utama dalam mempelajari setiap bahasa. Sedini mungkin, mulailah menghapal kosakata bahasa Jepang.

    Nonton anime bisa jadi sarana yang asyik untuk mempelajari bahasa Jepang. Kalau suka nonton anime setidaknya Anda pasti tahu beberapa kosakata dalam bahasa Jepang.

    Seperti halnya dalam bahasa Indonesia, bahasa Jepang memiliki berbagai jenis kosakata, misalnya kata kerja, kata benda, kata bantu bilangan, dan lain-lain. Bahasa Jepang juga mempunyai 2 jenis kata sifat, yaitu kata sifat-i dan kata sifat-na.

    Kosakata bahasa Jepang sangat mudah kok ditemukan diinternet. Jangan malas mencari ya!


    3. Kenali Huruf yang Digunakan dalam Bahasa Jepang

    Huruf yang Digunakan dalam Bahasa Jepang

    "Tak kenal maka tak sayang"

    Makanya, sebelum mempelajari bahasa Jepang, sangat dianjurkan untuk terlebih dahulu mengenal huruf yang digunakan dalam bahasa Jepang.

    Ada 3 huruf yang dipakai dalam sistem penulisan bahasa Jepang yaitu, huruf hiragana, huruf katakana dan huruf kanji.

    Romaji, huruf hiragana, huruf katakana dan huruf kanji

    Walaupun romaji (huruf Romawi/huruf Latin) sering digunakan oleh masyarakat Jepang modern, namun romaji tidak termasuk dalam sistem penulisan bahasa Jepang.

    Huruf hiragana dan huruf katakana, yang secara kolektif keduanya disebut dengan huruf kana, merupakan huruf dasar dalam bahasa Jepang.

    Kalau Anda hafal huruf kana, saya jamin hal tersebut akan semakin mempermudah pembelajaran bahasa Jepang Anda. Dan yang lebih penting lagi, akan meningkatkan kepercayaan diri Anda dalam mempelajari bahasa Jepang, percaya deh sama saya!

    Anda bisa mulai mempelajari huruf Jepang dari huruf hiragana terlebih dahulu, pelajarilah bentuk dan bunyi huruf hiragana, dilanjut tata cara penulisan huruf hiragana, lalu mempelajari huruf katakana, dimulai dari bentuk dan bunyi vokal katakana, kemudian cara menulis katakana.

    Selain huruf kana, ada juga huruf kanji. Kanji merupakan huruf Jepang yang diadopsi dari huruf Cina.

    Jika huruf kana melambangkan bunyi yang ada dalam bahasa Jepang, maka satu huruf kanji bisa mewakili suatu kata dalam bahasa Jepang.

    Perlu diketahui, Jepang mempunyai tata cara penulisannya sendiri. Jadi, sangat tidak dianjurkan untuk menuliskan tulisan Jepang dengan urutan yang asal-asalan.

    Jika serius mempelajari bahasa Jepang, sedari dini pelajarilah huruf kanji, karena kanji lebih sering digunakan dalam tulisan Jepang.


    4. Mulai Pelajari Tata Bahasa Jepang Dasar

    Mulai Pelajari Tata Bahasa Jepang Dasar

    Agar bisa membentuk suatu kalimat yang benar, tentu saja kita harus mempelajari tata bahasa alias grammar-nya.

    Untuk langkah awal, Anda bisa memulainya dari materi pengunaan "da" misalnya, lalu ke materi partikel wa, dilanjut kata tunjuk, dan seterusnya dan seterusnya.

    Bahasa Jepang memiliki struktur pembentukan kalimat yang sedikit berbeda dengan bahasa Indonesia.

    Anda akan merasakan perbedaan struktur bahasa Jepang dan bahasa Indonesia nantinya, ketika sudah mempelajari tata bahasa Jepang secara lebih lanjut.

    5. Pelajarilah Secara Bertahap

    Pelajarilah Secara Bertahap

    Pelajarilah bahasa Jepang secara bertahap!

    Misalnya Anda baru saja mempelajari “cara menulis huruf katakana” dalam bahasa Jepang, namun karena tidak sabar ingin cepat bisa, lalu Anda langsung loncat ke jurang materi pembahasan “pengandaian” dalam bahasa Jepang walaupun belum mengenal dan mengetahui aturan perubahan kata kerja. Saya yakin, hal tersebut akan membuat Anda jadi bingung sendiri?

    Saya menyarankan agar materi dasar bahasa Jepang dipahami terlebih dahulu, agar Anda bisa lebih mudah memahami pembahasan materi tingkat lanjut.

    Ibarat belum tau teknik-teknik dasar berenang, ehh udah nyemplung ke tengah laut tanpa persiapan apapun, lautnya perkampungan ikan hiu lagi! Katanya sih biar lebih menghayati dan biar lebih cepet bisa berenangnya, karena mempelajari teknik dasar berenang itu udah terlalu mainstream. Ehhh, yang ada bukannya bisa menguasai tekhnik berenang dengan cepat, tapi malah kelelep dan kesasar diperkampungan ikan hiu. Btw, emang ada ya perkampungan ikan hiu?? ヘヘヘ

    Jadi intinya, bersabarlah! pelajari secara bertahap dan kuasai dasar-dasarnya sampai benar-benar faham.

    Pola perubahan kata dan pola pembentukan kalimat dasar merupakan hal yang penting dalam bahasa Jepang, karena dalam bahasa Jepang pola perubahan dasar juga akan membantu pembentukan kalimat tingkat lanjut. Pahamilah terlebih dahulu pola perubahan A untuk membentuk pola kalimat D.

    Tapi tenang saja, disini saya akan membahas materi pelajaran bahasa Jepang dari dasar.

    6. Langsung Praktik

    Langsung Praktik

    Ingat, bahasa Jepang merupakan skill bukan pengetahuan!

    Artinya, untuk menguasainya kita wajib mempraktikkannya. Kalau tidak dipraktikkan ya percuma dong. Apa artinya skill tanpa praktik?

    Cara praktiknya bisa dimulai dari hal sederhana, misalnya setelah hapal dan menguasai cara penulisan huruf hiragana, Anda bisa mulai menuliskan tulisan Jepang dengan menggunakan huruf hiragana atau katakana, tidak menggunakan huruf Latin lagi. Atau ketika sudah tahu penggunaan "partikel wa”, Anda bisa mempraktikkannya dalam membentuk kalimat sederhana, misal “Watashi wa kirei desu”, “Kore wa tsukue desu” dan sebagainya.

    Jangan lupa, unsur-unsur terpenting dalam bahasa adalah mendengar, berbicara, membaca dan menulis.

    7. Konsisten dan Bersabarlah

    Konsisten dan Bersabarlah

    Belajarlah secara konsisten, tahap demi tahap, dan bersabarlah! Walaupun satu buah kosakata atau satu rumus tata bahasa Jepang yang kita kuasai, kita sudah selangkah lebih maju dalam menguasai bahasa Jepang!

    Jadi intinya, niat yang mantep dengan diiringi doa, perbanyak hapalan kosakata, hapalkan dan pelajari cara menulis huruf Jepang, mulai pelajari tata bahasa dasar secara bertahap, sabar dan banyak-banyak praktik!

    Mungkin segitu saja tips memulai belajar bahasa Jepang dari saya. Jika ada yang masih bingung tentang langkah awal memulai belajar bahasa Jepang, silahkan tuliskan pertanyaannya dikolom komentar dibawah.

    おつかれさまでした。。

    Belum ada Komentar untuk "Tips Memulai Belajar Bahasa Jepang Untuk Pemula"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel