Recent Posts

    Fungsi Huruf Hiragana dalam Bahasa Jepang

    Secara umum, huruf hiragana digunakan untuk menuliskan kosakata asli dari bahasa Jepang. Namun ternyata, fungsi huruf hiragana tidak hanya terbatas untuk itu saja lho.



    Berikut beberapa fungsi dari huruf hiragana dalam bahasa Jepang.

    1. Untuk Menuliskan Kata Asli dari Bahasa Jepang

    Inilah fungsi utama dari huruf hiragana, semua kata asli buatan Jepang pada dasarnya bisa dituliskan dalam huruf hiragana, sedangkan huruf katakana biasanya digunakan untuk menuliskan kata-kata serapan dari bahasa asing.

    2. Untuk Menuliskan Kosakata yang Kanjinya Tidak Diketahui atau Sudah Lama Tidak Digunakan

    Tidak semua kosakata asli Jepang mempunyai kanji. Ada banyak kosakata asli Jepang yang hanya dituliskan dengan huruf hiragana saja.

    Ada beberapa faktor yang menyebabkan suatu kosakata tidak memiliki huruf kanji. Bisa dikarenakan kosakata tersebut memang tidak memiliki huruf kanji, atau kanji-nya tidak diketahui, atau juga bisa karena kanji-nya sudah lama tidak digunakan.

    Contoh kosakata yang tidak mempunyai huruf kanji :

    がっかり (Gakkari) = Kecewa
    あります (Arimasu) = Ada untuk benda mati
    います (Imasu) = Ada untuk benda hidup

    3. Sebagai Furigana

    Furigana (振り仮名) merupakan huruf hiragana kecil yang biasanya ditulis diatas atau dibawah huruf kanji yang berfungsi sebagai panduan cara membaca huruf kanji tersebut.

    Furigana sangatlah membantu, terutama bagi orang yang belum banyak menguasai huruf kanji.

    Perhatikan gambar dibawah, tulisan hiragana berukuran kecil yang ada dibagian atas merupakan furigana.


    4. Alternatif Untuk Menggantikan Huruf Kanji

    Berbeda dengan furigana yang berfungsi sebagai panduan membaca kanji, hiragana juga biasa digunakan sebagai alternatif untuk menggantikan huruf kanji dalam penulisan bahasa Jepang.

    Tentu saja, ini diperuntukkan bagi orang yang baru belajar bahasa jepang dan belum banyak mempelajari huruf kanji.

    Biasanya orang-orang yang baru belajar hiragana dan masih belajar dasar-dasar huruf kanji sering menuliskan kosakata atau kalimat dengan hanya menggunakan hiragana saja. Ini juga bertujuan agar para pemula bisa semakin hapal dan semakin menguasai teknik penulisan hiragana.

    Namun, jika Anda sudah mengetahui kanji dari suatu kata, lebih baik menuliskan kata tersebut dengan kanji saja agar lebih terbiasa dengan penggunaan huruf kanji.

    5. Sebagai Okurigana

    Okurigana (送り仮名) merupakan huruf hiragana yang ditulis diakhir huruf kanji. Huruf hiragana disini berguna untuk menjelaskan arti dari kanji yang dimaksud.

    Contoh :

    食べます (たべます) Makan
    (たかい) Tinggi/Mahal
    (あそぶ) Bermain

    Huruf hiragana yang ditandai dengan warna merah merupakan okurigana.

    6. Sebagai Partikel

    Semua partikel dalam bahasa Jepang ditulis menggunakan huruf hiragana. Beberapa huruf hiragana bisa berubah bunyinya saat digunakan sebagai partikel.

    Contohnya partikel : partikel の (no), partikel に (ni), partikel は (ha) namun dibaca "wa", partikel へ (he) yang dibaca "e", を (wo) dibaca "o" dan lain lain.

    Nah itu dia fungsi huruf hiragana dalam bahasa Jepang, dalam tulisan selanjutnya saya akan membahas huruf yang mempunyai kesan yang "maskulin" dan termasuk dalam sistem penulisan bahasa Jepang. Siapa lagi kalau bukan huruf katakana!

    お疲れさまでした。。

    Belum ada Komentar untuk "Fungsi Huruf Hiragana dalam Bahasa Jepang"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel